Walai.id, Maros – Berbagai aduan di terima Dinas Sosial di sekretariat Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT).
Pengelola Data Bantuan Sosial Kabupaten Maros, Darwis mengatakan dalam sehari, sekretariat yang terletak di Jalan Azoka (Ex kantor PMD) ini menerima puluhan aduan masyarakat.
“Bisa 50 – 70 keluarga yang datang dengan berbagai permasalahan sosial di masyarakat, khususnya masyarakat miskin dan tidak mampu,” katanya, Kamis, 8 Desember 2022.
Ia menyebut aduan yang dibawa masyarakat bermacam-macam.
“Sejauh ini yang paling banyak masuk itu terkait aduan jaminan kesehatan,” bebernya.
Ia melanjutkan aduan warga terkait jaminan kesehatan itu sepertti mengusulkan KIS untuk anggota keluarga baru.
“Mengecek data, pengusulan KIS yang baru hingga pindah segmen kepesertaan,” bebernya.
Namun beberapa hari yang lalu kata dia, ada juga aduan terkait bantuan sosial. Yakni ada warga yang menerima kartu namun tidak dapar mencairkan BLT.
“Ada empat orang yang mengadu terkait beda orang yang pegang kartu dan yang keluar namanya di pos,” bebernya.
Ia menambahkan bahwa keberadaan SLRT dan ini sangat membantu masyarakat.
“Dan hampir 98 persen itu permasalahan
tertangani langsung,” tuturnya.
Dengan adanya SLRT ini kata dia masyarakat dapat menyampaikan keluhan maupun klarifikasi jika ada hal-hal yang masih belum jelas terkait bansos dan lainnya.