News  

Kemendag Siap Fasilitasi Ekspor Bisnis Para Santri Indonesia

Walai.id, Banyuwangi – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak para santri lebih kreatif dan jeli melihat peluang bisnis dengan memanfaatkan teknologi. Kementerian Perdagangan juga siap memfasilitasi ekspor produk santri Indonesia. 

Perwakilan-perwakilan perdagangan Indonesia di luar negeri juga siap bersinergi dengan para santri pengusaha. Hal ini disampaikan saat Mendag memberikan kuliah umum untuk santri Institut Agama Islam Darussalam Banyuwangi, Jawa Timur, Pada Selasa (22/11).

“Anak muda harus kreatif melihat peluang. Banyuwangi dianugerahi berbagai kekayaan alam, harus diupayakan agar membawa kesejahteraan bersama,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Baca Juga :  Cepat Salurkan Bantuan Operasional Satuan Pendidikan, Tetap Utamakan Akuntabilitas

Mendag pun membahas tentang peran pemuda dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya di tengah kondisi dunia yang sedang mengalami resesi. Para santri diimbau untuk terus menambah keterampilan dan wawasan serta tidak mudah terhasut perpecahan.

Mendag Zulkifli Hasan juga menegaskan, Kemendag selalu siap mendukung bisnis rintisan anak muda. Kemendag telah mengusahakan perjanjian dagang dengan negara mitra untuk mempermudah ekspor ke mancanegara. 

Baca Juga :  Pemerintah Berupaya Meningkatkan Kinerja Ekspor Nasional, Mengatasi Perlambatan Ekonomi Negara Maju

Kemendag juga terus mendorong promosi produk-produk Indonesia di pasar internasional melalui perwakilan-perwakilan dagang, yaitu atase perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center.

Terkait perkembangan teknologi yang begitu pesat, Mendag Zulkifli Hasan menegaskan banyaknya peluang bisnis dalam era teknologi saat ini. Para santri diminta memanfaatkan teknologi dalam membangun bisnis rintisannya.

“Sungguh-sungguhlah dalam belajar, terus jaga etos kerja keras, Indonesia akan semakin maju,” pungkas Mendag Zulkifli Hasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *