News  

Tingkatkan Minat Baca Warga, Bupati Maros Raih Penghargaan Tertinggi Pustaloka

Walai.id, Maros – Tingginya minat baca masyarakat Maros, tak luput dari upaya Bupati Maros AS Chaidir Syam mendorong budaya literasi menyebar hingga ke desa-desa.

Upaya Chaidir Syam yang konsisten mendorong masyarakat gemar membaca, menarik perhatian pemerintah pusat. Chaidir Syam pun diberikan penghargaan tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka Perpustakaan Nasional RI, Kategori Pejabat Publik, yang diterima Senin (14/11/2022).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros Amiludin A, mengatakan penghargaan dari negara itu atas keberhasilan yang dicapai Pemkab Maros untuk menjadi salah satu kabupaten literasi di Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga :  Ketua Cabang PMII Maros Ajak Kader Sukseskan Pemilu Serentak

“Sejak budaya literasi dikembangkan dan sudah ada Perda Literasi, minat baca masyarakat pun meniingkat. Mudah-mudahan tingkat kegemaran membaca (TGM) ini terus mengalami grafik peningkatan,” kata Amiludin A.

Untuk mencapai TGM yang tinggi, ujar Amiludin, pihaknya pun sudah menyiapkan program untuk menaikkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) di Maros.

Baca Juga :  Irfan AB Dorong Modernisasi Pengelolaan Pondok Pesantren

“Diantaranya, diupayakan tersedia perpustakaan kecamatan dan masuk penilaian IPLM, serta replika kabupaten untuk perpustakaan desa berbasis inklusi sosial,” ujarnya.
Selain itu, Dinas Perpustakaan Maros, juga akan melakukan kegiatan roadshow. Dan yang dan yang tak kalah pentingnya, kata Amiluddin, ia akan menghadirkan Pojok Baca Digital (Pocadi) di Maros.

“Kami juga akan melengkapi fasilitas permainan out door perpustakaan ibu dan anak sebagai ikon perpustakaan di Maros,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *