News  

Kementerian Kominfo Tunjuk Makassar sebagai Tuan Rumah KIM Fest 2024

Walai.id, Makassar — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI telah menunjuk Makassar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM Fest) 2024.

Penunjukan ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo, Usman Kansong, kepada Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

“Jadi, kita punya event tahunan KIM Fest. Tahun lalu diadakan di Surabaya, dan tahun ini kami sangat ingin menyelenggarakannya di Kota Makassar dengan dukungan dari Pak Wali Kota,” kata Dirjen IKP Usman Kansong dalam audiensi bersama Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, di Amirullah, Jumat (31/5/2024).

Usman Kansong menjelaskan bahwa KIM Fest ini berupa pameran yang akan diikuti oleh Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dari seluruh provinsi di Indonesia.

Baca Juga :  Danny Pomanto Dorong ICMI Berperan Cerdaskan Anak Bangsa di Tengah Krisis Moral

Kegiatan ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada KIM sebagai mitra strategis pemerintah dalam melakukan komunikasi publik.

“Kita memiliki sarana informasi masyarakat di semua provinsi. Mereka biasanya didorong oleh Kominfo di daerah untuk menyampaikan seluruh informasi kepada masyarakat, baik itu tentang UMKM, pariwisata, perikanan, pertanian, dan lainnya,” tutur Usman.

“Jadi nanti mereka akan memamerkan, mendemonstrasikan, dan kemudian kita nilai,” tambahnya.

Menurut Usman, kegiatan seperti ini penting untuk menjaga silaturahmi secara tatap muka di era digital saat ini.

Hal ini karena interaksi tatap muka dapat lebih akrab dan dekat, apalagi banyak masyarakat yang masih kesulitan menggunakan teknologi karena kendala jaringan atau lainnya.

“Pemerintah merasa penting untuk membentuk KIM,” ungkapnya.

Baca Juga :  Andi Sudirman Sulaiman Silaturahmi Dengan Rais Syuriah PWNU Sulsel

Selain bentuk apresiasi dan memperkenalkan KIM ke seluruh masyarakat, KIM Fest ini juga bertujuan menumbuhkan semangat berinovasi, kompetisi, kolaborasi, dan jejaring antar KIM se-Indonesia.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, yang didampingi Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar, Ismawaty Nur, dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Makassar, Muhammad Rheza, menyambut baik kegiatan ini.

“Kami siap, Pak. Senang sekali Makassar bisa menjadi tuan rumah,” ucap Danny Pomanto.

Di hadapan Dirjen IKP Usman Kansong, Danny Pomanto juga memperkenalkan program Lorong Wisata yang diperkuat dengan Dewan Lorong (Delor), yang terdiri dari tokoh masyarakat, perempuan, dan kalangan milenial.

“Delor ini adalah kelompok-kelompok diskusi yang juga menjadi mitra Pemkot Makassar dalam melakukan komunikasi publik,” tutup Danny Pomanto.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *