News  

Menteri Budi Arie Ajak DCO Majukan Ekonomi Digital di Negara Berkembang

Walai.id, Nasional – Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi, memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan bilateral dengan Digital Cooperation Organization (DCO) di Jenewa, Swiss, pada Senin (27/05/2024).

Pertemuan ini bertujuan untuk membahas percepatan dan keberlanjutan ekonomi digital di Indonesia dan di seluruh dunia.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Budi Arie menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan ekonomi digital guna mengurangi kesenjangan ekonomi dan mendorong digitalisasi, baik di Indonesia maupun di negara-negara berkembang lainnya. Indonesia bahkan telah meluncurkan e-goverment pada hari yang sama di Jakarta.

Baca Juga :  Munaslub PELTI Digelar Untuk Isi Kekosongan Ketua Umum

Menteri Budi Arie juga menekankan pentingnya kolaborasi untuk memajukan negara-negara berkembang di kawasan Selatan dunia atau Global South. Dia didampingi oleh sejumlah delegasi Kemenkominfo, termasuk Dirjen PPI Wayan Toni Supriyanto dan Staf Khusus Menkominfo.

Dalam tanggapannya, Sekjen DCO, Deemah Al Yahya, menjelaskan tantangan digitalisasi yang dihadapi oleh negara-negara berkembang di Afrika dan Timur Tengah. Dia juga menyoroti pentingnya partisipasi dan kontribusi perempuan dalam ekonomi digital.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Tinjau Pelaksanaan Pompanisasi untuk Atasi Kekeringan di Jawa Tengah

Pertemuan tersebut juga menjadi ajang undangan resmi bagi Menteri Budi Arie untuk menghadiri General Assembly DCO yang akan diselenggarakan di Amman, Yordania, pada Februari 2025. Sebagai respons, Menteri Budi Arie mengundang Deemah untuk menghadiri peresmian Pusat Data Nasional buatan Pemerintah RI di Cikarang pada akhir Agustus mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *