News  

Wali Kota Makassar Hadiri Musrenbang Nasional Yang Dibuka Presiden Jokowi

Walai.id, Jakarta – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbang Nasional) 2024 yang dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan-Jakarta, pada Senin 6/5/2024.

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian PPN/Bappenas ini mengusung tema ‘Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan’.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia saat ini menghadapi situasi yang tidak mudah. Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan hanya sebesar 3,2%, dampak dari pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu.

Baca Juga :  Bupati Maros Buka Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Komite Sekolah

Hal ini juga menyebabkan beberapa negara mengalami resesi, sehingga perlu kehati-hatian dalam mengelola anggaran negara.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya menjaga konsistensi dalam perencanaan anggaran dan memprioritaskan program-program yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan bahwa harga minyak dan bunga pinjaman adalah dua hal yang menjadi perhatian saat ini, karena kenaikannya dapat memberikan dampak besar terhadap beban fiskal negara.

Dalam konteks ini, Presiden menegaskan pentingnya sinkronisasi antara rencana pembangunan daerah dengan rencana pembangunan nasional, agar pembangunan dapat berjalan efektif dan berkelanjutan.

Baca Juga :  Mapala STAI DDI PANGKEP Melaporkan Potensi Longsor Susulan

Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Makassar tumbuh positif di tengah ancaman resesi. Pertumbuhan ekonomi tersebut mencapai 5,31%, melebihi pertumbuhan ekonomi nasional dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Danny Pomanto juga menekankan dukungan Pemerintah Kota Makassar terhadap program pemerintah pusat, seperti pembangunan Pelabuhan Makassar New Port (MNP) dan proyek IPAL Losari.

Pemkot Makassar juga telah mengalokasikan anggaran untuk infrastruktur jalan guna mendukung proyek pembangunan stadion berstandar internasional di Sudiang-Makassar oleh Kementerian PUPR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *