News  

Menteri Perdagangan Tinjau Area Pabean di Bandara Soekarno-Hatta

Walai.id, Jakarta – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, meninjau area pabean di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin 6 Mei 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau implementasi dari Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) impor terbaru, yaitu Permendag Nomor 7 Tahun 2024 yang mulai berlaku hari ini (6/5).

Permendag tersebut merupakan perubahan kedua atas Permendag Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

Baca Juga :  Mendag Zulkifli Hasan: Dukung Inklusivitas Perdagangan Asia Pasifik

Dalam peninjauan tersebut, Mendag menemukan bahwa proses impor barang bawaan pribadi penumpang melalui pabean berjalan lancar tanpa kendala.

Mendag juga berkesempatan berdialog dengan sejumlah penumpang yang baru tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Mendag menyampaikan, ada tiga pokok perubahan kebijakan dan ketentuan impor dalam Permendag Nomor 7 Tahun 2024.

Baca Juga :  Kepala LKPP Ajak Pelaku UMK-K Pasarkan Produk Lewat Katalog Elektronik

Ketiga perubahan tersebut meliputi impor barang bawaan pribadi penumpang, impor barang kiriman PMI, dan evaluasi pengaturan beberapa komoditas bahan baku industri yang terkendala importasi.

Pada kesempatan tersebut, Mendag didampingi oleh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Budi Santoso; Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional, Bara Krishna Hasibuan; Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Peningkatan Ekspor dan Perluasan Pasar Luar Negeri, Al Hilal Hamdi; dan Direktur Impor, Arif Sulistiyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *