News  

Pemkot Makassar Akan Gelar Festival Obor Dimalam Takbiran Idul Fitri 1445 Hijriah

Walai.id, Makassar – Pemerintah Kota Makassar menegaskan rencananya untuk menggelar Festival Takbir Tepian Air guna memeriahkan malam takbiran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Festival ini akan menampilkan Pawai Obor yang akan dimulai dari Masjid Kubah 99 di Kawasan Center Point of Indonesia (CPI) dan berakhir di Anjungan City Of Makassar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, mengungkapkan bahwa Pawai Obor ini akan melibatkan antara 15 ribu hingga 20 ribu peserta dari 153 kelurahan yang ada di Kota Makassar.

Baca Juga :  Wali Kota Makassar Sampaikan Makna Hari Raya Idul Fitri Saat Pawai Obor dan Takbir Keliling

“Pawai obor ini melibatkan 153 kelurahan, dan masing-masing kelurahan terdiri dari 100 orang. Belum lagi ormas Islam, jadi saya kira bisa sampai 20 ribu orang,” ujarnya dalam Rakor Persiapan Pelaksanaan Idul Fitri 1445 Hijriah, Rabu, 3/4/2024.

Danny Pomanto menekankan pentingnya penyelenggaraan Pawai Obor ini dengan baik karena melibatkan jumlah peserta yang besar. Dia mengatakan bahwa aspek teknis perlu diatur dengan cermat.

Melalui Pawai Obor ini, Danny Pomanto berharap untuk menciptakan atmosfer Ramadan yang kental seperti di kampung-kampung di tengah Kota Makassar. “Kita mau cari suasana (Ramadan) desa di kota,” katanya.

Baca Juga :  Panitia Pelaksana Musyawarah Cabang ke-II IKA PMII Maros Silaturahim Dengan Bupati Maros

Selain Pawai Obor, rapat tersebut juga membahas persiapan acara Itikaf yang akan digelar di Masjid Kubah 99 pada malam ke-25 Ramadan.

Danny Pomanto menyebutkan bahwa Itikaf merupakan momen untuk melakukan pencucian dosa, terutama karena memasuki 10 malam terakhir Ramadan.

“Agendanya, doa keselamatan bagi kota kita, doa keselamatan bagi keluarga, dan doa keselamatan bagi anak-anak kita. Momen 10 Ramadan adalah momen terbaik yang secara pribadi mendekatkan diri kepada Allah,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *